Teknologi di Bidang Otomotif

Mengena Kedipan Lampu Pada Mesin Injeksi

Teknologi di Bidang Otomotif  – Injeksi merupakan teknologi yang terbilang baru yang disematkan pada motor dengan menggunakan metode pencampuran udara serta bahan bakar dalam kendaraan bermotor, agar menghasilkan pembakaran yang sempurna. Sistem injeksi sendiri membutuhkan perangkat yang dinamakan injektor. Injektor inilah yang memiliki tugas untuk menyuplai campuran udara dengan bahan bakar.

Pada spedometer injeksi, biasanya apabila telah terjadi kerusakan pada komponen sensor sensornya maka akan terdapat lampu pemberitahuan. Lampu tersebut umumnya memiliki warna kuning yang bergambar mesin atau sering juga disebut dengan lampu Chek Engine. Yang harus anda ketahui adalah jumlah kedipan lampu tersebut serta kode kerusakan pada sensor PGM. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasanya.

  • 1 kedipan

Telah terjadi kerusakan pada sensor MAP dan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil. Namun anda tidak perlu khawatir, kedipan ini menunjukkan mesin bekerja dengan tahapan normal akan tetapi kurang bertenaga pada putaran atas. Itulah pentingnya mengetahui pentingnya Teknologi di Bidang Otomotif.

  • 7 kedipan

Apabila terjadi kedipan sebanyak 7 kali pada MIL, maka sensor ECT  dan sambungan EOT tidak berfungsi dengan baik atau terputus. Hal ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan pada suhu rendah dan mesin juga menjadi cepat panas.

  • 8 kedipan

Kedipan ini menunjukkan bahwa sensor TP pada motor anda mengalami masalah. TP sensor sendiri di pasang pada sumbu yang sama dengan thorttle valve dan memakai variable resistor yang berubah berdasarkan bukan pada thorttle valve.

  • 12 kedipan

Jumlah 12 kali kedipan ini menunjukkan bahwa injektor pada motor anda sedang mengalami masalah. Injektor sendiri bekerja sesuai dengan sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold. Apabila injektor yang menempel pada thorttle bermasalah, maka mesin motor anda tidak akan menyala.

Demikianlah ulasan tentang Teknologi di Bidang Otomotif tentang indikator nyala lampu pada mesin motor injeksi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *