Mengapa Cincin Tunangan Harus Dipasangkan Di Jari Tangan Kiri? Ini Penjelasannya.

Cincin Tunangan Unik – Sudah menjalani hubungan pacaran selama bertahun-tahun, tapi belum juga menunjukkan tanda-tanda untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan? Mungkin Anda bisa memulainya dengan sebuah pertunangan terlebih dahulu. Namun tahukah Anda, bahwa dalam setiap pertunangan, cincin akan di pasangkan di tangan sebelah kiri. Uniknya, ketika sudah resmi  menikah nantinya, cincin akan berpindah ke tangan sebelah kanan Anda dan pasangan, mengapa bisa begitu?

Apakah yang menjadi makna atau filosofi  dari pemasangan cincin tunangan di jari tangan kiri tersebut? Mengapa tidak langsung saja dipasangkan di jari kanan? hal ini sebagaimana dikutip dari womansday, sudah ada sejak abad ke-13 yang silam. Saat itu, hampir seluruh umat kristiani di dunia mengikuti tradisi yang dijelaskan oleh Paus Innocent III, dimana apabila seseorang ingin memberikan emas harus menunggu terlebih dahulu apakah itu pertunangan ataupun pernikahan.

Sementara itu, kebiasaan meletakkan cincin tunangan di jari manis sebelah kiri, dimulai dari sebuah kepercayaan kuno yang berasal dari Yunani dan Romawi kuno. Pada masa tersebut penduduk Yunani ataupun Romawi percaya terhadap pembuluh Vena. Pembuluh Vena atau “Vena Amoris” dianggap sangat spesial karena menghubungkan secara langsung aliran darah menuju jantung. Sejak saat ini, tradisi tersebut masih dipertahankan sampai dengan saat ini.

Dan bila bicara tentang, mengapa harus di tangan kiri? Ini bisa dinilai karena pasanganmu belum menjadi pasangan resmi. Pada saat pertunangan, pasangan hanya terikat secara hati namun belum terikat oleh sebuah ikatan cinta. Maka dari itulah cincin terlebih dahulu diletakkan di jari tangan sebelah kiri.

Namun pada saat pernikahan terjadi, disinilah ikatan yang sebenarnya terjadi baik hati dan cinta semuanya sudah menyatu, dan barulah cincin dipindahkan ke tangan kanan sebagai lambang ikatan tersebut, dan menjadi cincin kawin

Di lain sisi, selain filosofi tangan kiri atau kanan tersebut, ternyata cincin juga memiliki filosofinya sendiri. Seperti misalnya cincin kawin emas yang berasal dari sebuah logam mulia yang awet, dan diharapkan bahwa hubungan cinta pasangan bisa menjadi lebih awet dan langgeng. Sama hal nya dengan perhiasan cincin kawin ataupun perhiasan berlian yang kuat dan tidak akan berubah di makan zaman.

Itulah tadi, informasi sejarah serta flosofi mengenai bagaimana cincin tunangan harus diletakkan di jari manis kiri Anda dan pasangan.

Untuk mendapatkan koleksi cincin kawin ataupun cincin tunangan yang terbaru dan berkualitas, Anda bisa langsung mengunjunggi website kami , dan tentukan sendiri mana yang paling cocok untuk kepribadian Anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *