Pendidikan

Universitas Indonesia dengan Banyaknya Fasilitas

Indonesia memiliki Universitas Indonesia yang dipercaya sebgai universitas terbaik. Universitas ini memiliki banyak fasilitas yang beda dari yang lain seperti berikut.

Perpustakaan Universitas Indonesia ini memiliki perpustakaan yang terbesar di ASIA ┬ádengan luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai dengan slogan “Crystal of Knowledge”.

Area tersebut hijau serta hemat listrik, air, bebas asap rokok, dan kertas. Perpustakaan UI juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat ibadah (Musholla) , tempat makan (Indomaret, Starbucks Coffee, Hotdog Booth), hingga fasilitas penunjang mahasiswa (Fotocopy dan percetakan, Kantor Pos Indonesia).

Pusat kesehatan universitas terbaik ini melayani beberapa kebutuhan penting mahasiswa yaitu kegiatan mahasiswa dan sivitas Universitas Indonesia yang memerlukan obat-obatan dan tenaga medis, Poliklinik, Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa Baru, Bimbingan Konseling Mahasiswa dan Apotek.

Pendidikan

Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiliki oleh UI yaitu Lapangan sepak bola & futsal, Lapangan bulu tangkis, Lapangan bola voli, Lapangan bola basket, Lapangan hoki, Lapangan basket (3 line), Lapangan tenis (4 line), Lapangan voli (3 line), Lapangan bulu tangkis (1 line ), Atletik, dan Lompat jangkit.

Bus kuning dalam kampus disediakan gratis untuk melayani kebutuhan transportasi mahasiswa di dalam kampus UI Depok. Di kalangan warga UI, bus ini lebih dikenal dengan sebutan Bis Kuning (Bikun), karena bus ini memiliki warna dominan kuning.

Bus-bus tersebut secara rutin akan melayani 2 rute yang ada di dalam kampus pada hari Senin-Jumat, mulai pukul 07.00-22.00. Kedua rute tersebut ialah rute merah dan rute biru. Penanda rute merah dan rute biru dapat dilihat pada kertas warna yang tertempel di kaca depan setiap bis kuning.

Sepeda kampus mahasiswi Universitas Indonesia sejak Juli 2008, menyediakan fasilitas peminjaman sepeda kepada mahasiswanya melalui program sepeda kuning. Sepeda dapat digunakan oleh mahasiswa dengan cara menunjukkan KTM ke petugas yang menjaga.

Sepeda dapat digunakan sepuasnya, tetapi tidak boleh keluar dari jalur sepeda yang telah disediakan. Sepeda juga boleh dikembalikan di terminal mana saja. Untuk mengembalikan sepeda, caranya sama dengan meminjam yakni dengan menunjukkan KTM ke petugas penjaga. Sepeda kampus melayani mahasiswa hingga pukul 17.00.

Balai mahasiswa Universitas Indonesia Salemba merupakan salah satu fasilitas yang ada di bawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni. Gedung ini sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti rapat, seminar, dan lain-lain. Selain untuk para mahasiswa dan warga Universitas Indonesia, gedung ini juga disewakan untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *