Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Tubuh yang sehat tidak hanya berkontribusi pada kehidupan yang lebih aktif, produktif dan memuaskan, namun juga bisa menambah tahun bagi hidup Anda. Bila tubuh Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk mengatasi masalah kesehatan, risiko terkena masalah mata, artritis dan penyakit kronis seperti kanker, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung berkurang. Dengan mengikuti beberapa panduan, Anda dapat mengembangkan kebiasaan yang berkontribusi pada kesehatan tubuh Anda yang sedang berlangsung.

  • Makan makanan sehat

Bila Anda makan dengan benar, Anda tidak hanya merasa lebih baik dan memiliki lebih banyak energi, tapi Anda juga menyediakan nutrisi penting bagi tubuh Anda – protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan serat – yang menjaga kesehatan tubuh Anda. Makanan kaya gizi meliputi biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, telur, unggas dan daging tanpa lemak, makanan olahan susu rendah lemak atau rendah lemak seperti yogurt dan susu yang diperkaya, dan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan alpukat. Hindari makanan olahan dan olahan, yang biasanya mengandung lemak jenuh dan gula. Makanan ini memiliki sedikit nilai gizi dan bisa menyebabkan kadar glukosa darah Anda naik dan kemudian cepat turun, membuat Anda merasa lelah.

  • 0lahraga rutin

Seperti mengonsumsi makanan sehat, mengikuti olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Aktivitas fisik yang teratur membantu mengendalikan berat badan Anda, memperkuat tulang dan otot Anda, meningkatkan mood dan kesehatan mental Anda secara keseluruhan dan mungkin akan menambah waktu ekstra bagi kehidupan Anda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, latihan intensitas sedang, seperti jalan cepat, aman bagi kebanyakan orang. Ikuti setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu. Jika Anda mengalami masalah kesehatan, tanyakan kepada dokter Anda sebelum memulai program olahraga apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *