Tanda-tanda Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks atau dalam istilah lain disebut juga dengan kanker mulut rahim termasuk salah satu penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Sudah ribuan wanita meninggal setiap tahunnya, karena penyakit kanker serviks. Kanker serviks ini merupakan peringkat teratas penyebab kematian wanita di dunia. Kanker serviks akan menyerang pada organ reproduksi wanita, tepatnya di sekitar daerah leher rahim atau daerah jalan masuk ke rahim. Perlu disyukuri, jumlah kematian yang disebabkan kanker serviks di negara-negara maju mengalami penurunan, karena di negara tersebut mempunyai program yang dinamakan “Pap Smear” sebagai upaya penanggulangan atau deteksi sejak dini kanker serviks.

Mari kita simak tanda-tanda gejala kanker serviks dibawah ini:

1. Keputihan Patogenis

Keputihan atau disebut juga Flour Albus adalah cairan yang keluar dari dalam vagina selain darah. Tak semua flour albus termasuk patogenis. Akan tetapi, apabila keputihan berbentuk kental, berbau, terasa panas dibagian vagina, berwarna kekuningan, kehijauan bahkan sampai bewarna kecoklatan, Anda perlu waspada dan sebaiknya segera periksakanlah ke dokter.

2. Sakit di daerah kewanitaan

Rasa sakit disekitar area kewanitaan itu disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus) yang sedang berkembang dan akan mengganggu imunitas dalam tubuh yang akan menyebabkan sakit dibagian perut bagian bawah, di paha, di persendian panggul saat sedang menstruasi, dan sakit saat sedang buang air besar bahkan sakit saat sedang bersenggama.

3. Pendarahan

Jika mengalami pendarahan yang disebabkan siklus menstruasi yang Anda anggap tidak normal dengan intensitas sering, maka sangat disarankan sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.

4. Nyeri pada saat buang air kecil

Rasa nyeri saat sedang buang air kecil itu disebabkan karena kantong kemih sudah terinfeksi oleh virus. Hal seperti ini termasuk dalam gejala-gejala kanker serviks stadium lanjut.

5. Timbulnya rasa sakit dan pendarahan saat senggama

Perlu Anda ketahui, sering berganti-ganti pasangan saat bersenggama mempunyai faktor resiko tinggi terjangkitnya kanker serviks. Rasa sakit dan pendarahan saat melakukan hubungan seksual disebabkan daari adanya infeksi di area leher rahim yang parah.

6. Bengkak di kaki

Bengkak pada bagian kaki itu disebabkan karena adanya virus kanker serviks yang sedang menyerang tubuh.

7. Menurunannya nafsu makan

Penurunan nafsu makan akan menyebabkan imunitas dalam tubuh menurun, sehingga sangat rawan terkena stress, cemas yang berlebih, dan mengganggu energi. Selain semua masalah tersebut itu, hal ini juga merupakan gejala-gejala kanker serviks.

8. Cepat merasa lelah

Merasa cepat lelah menandakan bahwa Anda terkena virus HPV yang akan menyerang waktu santai Anda, biasanya terjadi karena kelelahan tanpa sebab.

Tanda-tanda gejala yang telah dijelaskan diatas juga merupakan ciri-ciri kanker serviks yang sering menyerang wanita. Seandainya Anda merasakan salah satu tanda-tanda gejala seperti di atas, sangat disarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih dini. Sedangkan penyebab utama kanker serviks itu sendiri adalah virus HPV. Virus HPV tipe 16 dan 18 ini termasuk dalam kategori penyebab kematian yang terbanyak bagi kaum wanita. Virus tersebut sangat mudah untuk menyebar dan berpindah, bukan hanya melalui cairan, akan tetapi juga dapat lewat sentuhan kulit.

Untuk kaum hawa yang mengalami obesitas, maka lakukanĀ cara menurunkan berat badan yang alami dengan rajin minum herbal fiforlif dari agenĀ jual fiforlif semarang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *