Tips Menyimpan Hijab Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Gamis Syar'i Keluarga
Gamis Syar’i Keluarga

Memakai hijab saat ini bukan hanya sebagai proses untuk membuat pribadi menjadi lebih baik saja. Lebih jauh, memakai hijab juga telah menjadi tren berbusana yang bisa menjadikan seseorang mampu terlihat makin cantik, anggun dan mempesona selama proses menuju menjadi pribadi yang lebih baik. Buat kamu yang berhijab, saya yakin bahwa di rumah kamu memiliki cukup banyak hijab gamis syar’i¬†keluarga dengan aneka warna, aneka model dan aneka motif.

Tapi sayang, meski banyak hijab yang dipunya, beberapa wanita akan cenderung memakai hijab yang itu-itu saja. Beberapa wanita juga akan senantiasa memakai hijab kesukaannya karena dianggap memberi kenyamanan. Kalau sudah begini, beberapa hijab akan mudah sekali rusak karena sering dipakai. Sementara hijab lain yang tak pernah dipakai pun tak luput dari kondisi yang cukup memprihatinkan karena perawatannya dan penyimpanannya kurang tepat.

Agar hijab yang kamu punya baik yang sering dipakai atau yang tak pernah dipakai selalu awet dan tidak mudah rusak,  beberapa tips menyimpan hijab. Apa saja tipsnya, simak yang berikut ini yuk.

  • Cuci Hijab Pakai Tangan

Usahakan mencuci hijab memakai tangan. Cara mencuci ini bisa membuat hijab tetap awet dan tidak mudah rusak. Berbeda dengan mencuci memakai mesin cuci, hijab yang dicuci dengan tangan dan diperlakukan dengan lembut akan senantiasa awet.

  • Cuci Hijab Terpisah Dari Pakaian Lain

Mencuci hijab secara terpisah dari pakaian lain juga akan membuat hijab senantiasa awet, tidak mudah rusak dan warnanya pun tidak mudah pudar.

  • Jemur di Tempat Kering Tapi Tidak Terkena Matahari Langsung

Hijab yang dijemur di tempat kering namun tidak terkena sinar matahari langsung bukan hanya membuat hijab awet. Ini juga bisa membuat warna hijab tidak cepat pudar.

  • Gantung / Hanger Hijab

Kalau tak mau melipat hijab yang menyimpannya di lemari, kamu bisa menggantung hijab dengan hanger. Saat ini banyak hanger khusus untuk menyimpan hijab. Hanger yang bisa kamu manfaatkan antara lain adalah hanger komplement, gantungan handuk, hanger ikat pinggang, harm pant hanger dan hanger untuk rak sepatu gantung.

  • Usahakan Lipat Serapi Mungkin

Hijab yang dilipat serapi mungkin bisa meminimalisir rusaknya hijab. Untuk itu, pastikan dan usahakan untuk melipat hijab dengan serapi mungkin. Setelah dilipat dengan rapi, simpan juga di tempat hijab serapi mungkin. Menyimpan hijab dengan rapi juga bisa membuat hijab tak mudah kusut.

  • Setrika Hijab Dengan Suhu Rendah

Agar pakaian atau hijab bisa rapi, kita tentunya akan menyetrika pakaian atau hijab tersebut. Saat menyetrika hijab, usahakan untuk menyetrikanya dengan suhu yang rendah saja. Memang, ini akan memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi jangan cemas, menyetrika hijab dengan suhu rendah bisa membuat hijab awet, warnanya tidak mudah pudar dan tidak cepat rusak.

  • Hindari Memakai Peniti Terlalu Banyak

Memakai peniti terlalu banyak untuk menyematkan hijab baju anak perempuan akan membuatnya mudah rusak dan teksturnya tak lagi lembut. Pastikan untuk menyematkan peniti secukupnya saja saat memakai hijab. Atau kamu bisa memakai kancing hijab khusus.

Semoga bermanfaat untukmu hijabers…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *