Cara Membuat Kerajinan Vinyl dengan Mudah

Selain fungsional, kerajinan tangan yang berbahan dasar vinyl juga dikenal karena keindahan bentuknya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila kerajinan vinyl sangat digemari oleh banyak orang. Sebenarnya, cara membuat kerajinan vinyl tidaklah susah. Selain itu, kerajinan vinyl juga dapat dibuat menggunakan beberapa bahan dasar sederhana yang mudah diperoleh. Proses pembuatannya yang tidak rumit dapat dilakukan oleh siapa saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang proses pembuatan kerajinan vinyl tersebut. Secara umum, kerajinan vinyl terbagi menjadi tiga tahapan.

 

  1. Tahap Persiapan Bahan dan Desain

Bahan utama untuk membuat kerajinan vinyl tentunya adalah vinyl itu sendiri. Persiapkan bahan dengan warna dan tekstur yang sesuai dengan kerajinan yang kita inginkan. Bahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah karton tebal. Karton tebal ini akan kita gunakan sebagai bahan dasar pembentuk kerajinan tangan. Selain itu, kita juga memerlukan peralatan seperti lem, gunting, pisau pemotong, penggaris, dan pensil. Desain pola sesuai dengan bentuk kerajinan tangan yang akan kita buat pada kertas karton tebal. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuat garis pola yang presisi.

cara membuat kerajinan vinyl

  1. Tahap Perakitan

Tahap selanjutnya dalam cara membuat kerajinan vinyl adalah perakitan. Potong kertas karton tebal seperti pola yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dengan menggunakan pisau pemotong. Satukan karton tebal tersebut dengan menggunakan lem. Selanjutnya, potong vinyl sesuai dengan dimensi permukaan karton tebal yang sudah dirakit menjadi bentuk tertentu. Tempelkan potongan vinyl tersebut sesuai dengan bentuk dan ukurannya pada karton tebal. Pastikan lem terdistribusikan dengan merata agar vinyl merekat dengan kuat.

 

  1. Tahap Pemberian Hiasan

Pada tahap kedua, sebenarnya kerajinan vinyl yang kita buat sudah selesai dan dapat digunakan. Akan tetapi, tampilannya mungkin masih sederhana dan kurang menarik. Untuk memperindah tampilannya, kita dapat menambahkan hiasan pada bagian luar kerajinan vinyl yang sudah kita buat. Tahap pemberian hiasan merupakan tahap terakhir pada cara membuat kerajinan vinyl. Hiasan yang sering digunakan adalah pita. Akan tetapi, kita bisa menggunakan hiasan lain sesuai dengan keinginan kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *